Elon Musk Akuisisi Twitter, Dunia Olahraga dalam Ketidakpastian

5 November 2022, 07:30 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Bos Twitter yang baru, Elon Musk, memposting sebuah meme atas usulan untuk menagih para pengguna platform itu sebesar 8 US dolar per bulan untuk mendapatkan verifikasi.
Bos Twitter yang baru, Elon Musk, memposting sebuah meme atas usulan untuk menagih para pengguna platform itu sebesar 8 US dolar per bulan untuk mendapatkan verifikasi. /Twitter @elonmusk

  • Keputusan Elon Musk mengakuisisi Twitter senilai $44 miliar tidak hanya menggetarkan dunia teknologi, tetapi juga dunia olahraga.
  • Selama 16 tahun terakhir, platform ini telah mengubah cara olahraga dikonsumsi dan didiskusikan oleh para penggemarnya.
  • Kabarnya sang bos baru telah mengusulkan untuk menagih pengguna $8 per bulan untuk memiliki tanda centang biru.

SKOR.id - Mark Cuban telah memiliki klub NBA, Dallas Mavericks, selama lebih dari dua dekade, jauh sebelum layanan streaming atau media sosial atau smartphone.

Jadi, getaran gempa bumi yang mengguncang dunia teknologi menyusul pembelian platform Twitter senilai $44 miliar oleh Elon Musk minggu lalu, tidak terlalu mengkhawatirkan Cuban.

“Kami berkembang sebelum Twitter,” kata Cuban minggu ini melalui email kepada jurnalis Rick Maese dari The Washington Post. “Kita bisa berkembang setelahnya jika perlu.”

Dari Wall Street hingga Silicon Valley, para pemimpin industri terus mencoba menilai dampak lanjutan dari pengambilalihan Twitter oleh Musk, yang saat ini mengantisipasi pergolakan personel dan proposal platform yang mungkin akan memengaruhi pengalaman jutaan orang yang menggunakan layanan ini setiap hari.

Olahraga hanya mewakili sebagian kecil dari fitur Twitter yang baru diakuisisi Musk. Tetapi, selama 16 tahun terakhir, platform itu telah menjadi bagian penting dari mesin olahraga negara ini, telah mengubah cara olahraga dikonsumsi dan didiskusikan.

Fans menggunakannya sebagai layar kedua selama acara olahraga dan tempat pertemuan di antaranya, untuk mengikuti berita olahraga, melihat sorotan dan liga, tim, dan pemain favorit mereka.

Atlet menggunakan Twitter sebagai saluran langsung ke penggemar mereka, merek olahraga menggunakannya untuk menjangkau pelanggan, dan seluruh industri bersandar padanya untuk keterlibatan sepanjang waktu.

Sekarang banyak atlet, pemain, tim, dan penggemar bertanya-tanya bagaimana perubahan prioritas perusahaan, potensi perubahan kebijakan, dan penyesuaian algoritme akan memengaruhi pengalaman tersebut.

“Ada banyak ketidakpastian seputar platform secara umum,” kata Bailey Carlin, konsultan media sosial yang bekerja sama dengan sejumlah atlet dan perusahaan. “Dan saya pikir itu hal yang sulit bagi kami yang bekerja di luar angkasa. Ketidakpastian itu menakutkan.”

CEO SpaceX dan Tesla yang dijuluki "Tony Stark" dunia nyata, Elon Musk.
CEO SpaceX dan Tesla yang dijuluki "Tony Stark" dunia nyata, Elon Musk. (Twitter Complex)

Cuban, pengguna Twitter sejak 2008, mengatakan bahwa platform tersebut adalah “tempat yang bagus untuk orang-orang yang suka berdebat atau mereka yang suka mencari pengaruh, dan sumber berita langsung yang bagus.”

Tapi dia memberikan peringatan: "Saya pikir ada lebih sedikit penggemar olahraga yang aktif di Twitter daripada yang Anda kira."

“Basis terbesar kami adalah penggemar yang lebih muda. Mereka tidak ada di Twitter,” kata sang miliader dalam tanggapan email untuk pertanyaan itu. “Basis kami yang paling menguntungkan menonton TV linier dan membeli tiket. Sebagian besar tidak ada di Twitter.”

Profesional pemasaran mengatakan bahwa sementara audiens yang lebih muda mungkin menghabiskan lebih banyak waktu di TikTok, Instagram atau YouTube, Twitter masih perlu mempertahankan sejumlah besar pengguna — 238 juta orang menggunakannya setiap hari, kata perusahaan — untuk menjadi bagian penting dari rutinitas harian dan informasi diet penggemar olahraga.

“Apakah orang akan meninggalkan Twitter karena Elon memilikinya sekarang? Tidak,” kata Joe Favorito, konsultan pemasaran dan branding veteran yang telah bekerja dengan atlet profesional dan entitas olahraga selama 35 tahun.

“Saya pikir orang akan melihat bagaimana perkembangannya, baru kemudian ingin melihat apakah ini masih tempat komunitas saya tinggal, atau haruskah saya pergi ke tempat lain? Ini semua tentang mencapai relevansi dan di mana orang-orang ini tinggal.”

Para ahli mengatakan akan sangat penting bahwa wacana Twitter tetap organik, langsung, dan bahwa algoritme situs tidak dapat menggantikan postingan tepat waktu dengan terlalu banyak tweet bertanggal atau dipromosikan.

Menurut Maese, menjaga atlet dan pemangku kepentingan industri lain di alun-alun kota virtual Twitter juga akan menjadi kunci, dan mungkin tantangan awal untuk usulan perombakan sistem verifikasi perusahaan yang berpengaruh oleh Musk. Ingat, Musk telah mengusulkan untuk menagih pengguna $8 per bulan untuk memiliki tanda centang biru.

Carlin, eks produser media sosial dengan XFL, Barstool dan Sports Illustrated, telah bekerja dengan berbagai atlet, perusahaan, dan mengatakan dia biasanya membuka selusin akun Twitter terverifikasi pada waktu tertentu.

"Bagaimana saya sekarang memberi tahu Chris Bosh, 'Hei, Chris, Anda harus membayar $8 sebulan untuk mempertahankan verifikasi Anda sehingga orang tahu akun itu benar-benar milik Anda,' " kata Carlin tentang pensiunan bintang bola basket itu, salah satu kliennya saat ini. "Beri tahu saya sekarang, bagaimana saya melakukannya?"

Carlin menunjukkan bahwa atlet mungkin juga akan dimatikan jika wacana menjadi terlalu jelek dan jika Twitter memutuskan untuk tidak melakukan banyak hal untuk mengancam pos polisi atau menyingkirkan pengguna yang mengancam.

Seorang juru bicara Twitter tidak menanggapi permintaan komentar minggu ini.

Profesor Alan Morse, direktur Sport Marketing Research Institute di University of Northern Colorado, mengatakan upaya pencarian pendapatan Musk pada akhirnya juga dapat menguntungkan penggemar olahraga, sementara juga berpotensi menghasilkan uang untuk tim, liga, dan departemen atletik.

Morse mengatakan Musk dapat berupaya memonetisasi fitur Twitter Circle, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi postingan dengan audiens terbatas dan eksklusif.

"Jika saya seorang direktur atletik, saya bisa mengatakan, 'Hei, jika Anda menyumbangkan sejumlah X dolar, Anda bisa mendapatkan akses melalui Twitter Circle ke informasi yang tidak didapatkan masyarakat umum,' " kata Morse.

“Anda akan memiliki beberapa donor yang sangat bersedia melakukan itu untuk mendapatkan berita terbaru, merekrut pembaruan atau mungkin meminta pelatih duduk dan mengobrol sedikit di Twitter seminggu sekali.”

Musk juga telah melontarkan gagasan untuk menghidupkan kembali Vine, aplikasi berbagi video pendek Twitter yang ditutup pada 2016, sebelum aplikasi lainnya mulai menyadari potensi video sosial.

Perusahaan juga mempertimbangkan video berbayar. Peningkatan penekanan pada video dapat menarik bagi penggemar olahraga yang mencari sorotan atau konten asli yang menampilkan atlet favorit mereka, kata para ahli.

“Vine jauh di depan TikTok, bahkan Instagram,” kata Favorito, “dan itu berjalan sangat baik di antara para atlet dan orang-orang yang ingin berbagi konten pendek. Itu akan berubah menjadi kesalahan bisnis besar oleh Twitter.”

Liga dan tim sangat bergantung pada Twitter untuk tetap berhubungan dengan penggemar.

Twitter telah lama menjalin kemitraan dengan sebagian besar liga olahraga utama AS, yang biasanya mencakup akses ke sorotan, acara digital, dan bentuk konten eksklusif lainnya. NFL, NBA, NHL, dan Major League Baseball telah menyiarkan beberapa pertandingan mereka di Twitter.

Selama penggemar terus melihat ada alasan untuk berduyun-duyun ke aplikasi tersebut, liga pasti akan terus bertemu mereka di sana, kata Favorito.

“Keindahan yang dimiliki Twitter, apa pun yang terjadi, (adalah) percakapan satu lawan satu dengan siapa pun yang mengikuti Anda. Saya tidak berpikir itu akan kehilangan relevansinya ke depan, ”katanya.

“Sekarang jika merek mulai meninggalkan Twitter untuk alasan apa pun, jika kami melihat angkanya turun, Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu di sana dan menemukan diri Anda pergi ke platform di mana semua orang berada.”

Untuk saat ini, dunia olahraga – seperti Wall Street, ahli strategi politik, dan hampir setiap merek besar di Amerika – sedang menunggu untuk melihat apa yang sebenarnya dilakukan Musk dengan mainan barunya senilai $44 miliar tersebut.

“Intinya,” kata Cuban dalam emailnya, “ini adalah perusahaan Elon. Dan dia bisa melakukan apapun yang dia mau dengan itu.”***

Berita Elon Musk Lainnya:

Bikin Heboh, Elon Musk Umumkan Beli Manchester United

Elon Musk Pamer Tesla Cybertruck dalam Game PUBG Mobile

Kisah Miliarder Elon Musk, Suka Angkat Beban tapi Benci Latihan Kardio

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: Washington Post
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Selebriti

    Selasa, 25 Oktober 2022

    Jadi Tamu Alex Albon, Chloe Grace Moretz Pamer Kekuatan di Grand Prix F1 AS Austin

    Aktris Chloe Grace Moretz memamerkan kekuatannya saat dia mengangkat roda di luar Williams Racing di Austin selama Formula 1.

    Selebriti

    Sabtu, 29 Oktober 2022

    VIDEO: Aktis Hollywood Jane Fonda Menantang Zlatan Ibrahimovic untuk Berlatih Aerobik

    Zlatan Ibrahimovic kembali membuat sensasi. Dia bekerja sama dengan aktris peraih Oscar, Jane Fonda, untuk pembuatan iklan pakaian olahraga H&M yang baru, dan video menggemaskan menunjukkan sang aktris menantangnya melakukan gerakan aerobik.

    Selebriti

    Selasa, 1 November 2022

    Viral Dua Unggahan Foto Adik Perempuan Neymar

    Rafaella Santos mengunggah dua gambar dalam seminggu ke Instagram-nya yang telah mengejutkan 5,6 juta pengikutnya.

    Selebriti

    Rabu, 2 November 2022

    Digaet Merek Besar, Emma Raducanu Masuk Daftar Atlet Putri Terkaya

    Emma Raducanu duduk di peringkat ketiga atlet putri paling kaya di dunia 2022.

    Terbaru

    Selebriti

    Sabtu, 3 Desember 2022

    Putri Alan Shearer, Hollie Shearer Menjalani Impian dengan Pemain Rugby

    Putri Alan Shearer, Hollie Shearer Menjalani Impian sebagai Penyanyi dan Kekasih Pemain Rugby Joe Marchant

    Selebriti

    Kamis, 1 Desember 2022

    Robert Downey Jr. Butuh Waktu 20 Tahun untuk Menjadi Manusia Lagi, Ini Pemicunya

    Robert Downey Jr. membuka tentang kecanduan narkoba: Butuh waktu 20 tahun bagi saya untuk menjadi manusia lagi. Dia berhasil keluar dari keterpurukannya berkat ayahnya.

    Selebriti

    Rabu, 30 November 2022

    Model Brasil Berteriak untuk Kiper Jerman

    Wags cantik Izabel Goulart berteriak histeris dari tribun Al Bayt Stadium.

    Selebriti

    Selasa, 29 November 2022

    Kelakuan Wags Inggris di Qatar, Habiskan Rp380 Juta Dalam Pesta Semalam

    Wags alias istri atau pacar pemain sepak bola Inggris dikenal glamor. Mereka menghabiskan 20.000 pound atau sekitar Rp380 juta hanya untuk pesta kapal pesiar di Qatar.

    Selebriti

    Selasa, 29 November 2022

    Kennedy Alexa Berharap Inggris Taklukkan Wales

    WAG Kennedy Alexa berharap Inggris mengalahkan Wales dalam pertandingan Piala Dunia 2022, Selasa (29/11/2022).

    Selebriti

    Selasa, 29 November 2022

    Abbey Clancy Kampanye Paket Natal

    Istri Peter Crouch, Abbey Clancy kampanye hadiah Natal. Model berusia 36 tahun itu tampak bersemangat dalam balutan lingerie renda merah.

    Selebriti

    Senin, 28 November 2022

    Influencer Tenis Terseksi Rachel Stuhlmann Dukung AS di Piala Dunia 2022

    Influencer tenis terseksi di dunia Rachel Stuhlmann hadir di Piala Dunia 2022 Qatar mendukung timnas AS.

    Selebriti

    Minggu, 27 November 2022

    Tommy Fury Sarankan Tom Brady Mencari Pelabuhan Cinta Baru

    Tommy Fury menawarkan beberapa saran cinta kejutan kepada legenda NFL Tom Brady setelah perpisahannya dengan istrinya model Gisele Bundchen.

    Selebriti

    Minggu, 27 November 2022

    Mark Wahlberg Hidup Lebih Produktif: Bangun Jam 3.30, Kurangi Sesi Gym, dan Berpuasa 18 Jam

    Mark Wahlberg sekarang jauh lebih produktif: dia bangun pagi, kurang berlatih dan berpuasa selama 18 jam. Dan, gaya hidup baru ini telah memberinya hasil yang lebih baik.

    Selebriti

    Minggu, 27 November 2022

    Skor 5: Selebritas Indonesia yang Hobi Golf, Beberapa Berani Ikut Turnamen

    Beberapa selebritas Indonesia gemar bermain golf merasakan manfaat olahraga tersebut.
    X