Eric Dier, Lukaku, Zlatan Ibrahimovic, Wenger: Figur-figur Sepak Bola yang Juga Poliglot

10 Januari 2022, 12:40 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Eric Dier (kanan) bikin kejutan dengan berganti-ganti bicara dalam bahasa Inggris dan Portugis saat tampil untuk program High Performance Podcast pekan ini.
Eric Dier (kanan) bikin kejutan dengan berganti-ganti bicara dalam bahasa Inggris dan Portugis saat tampil untuk program High Performance Podcast pekan ini. /Twitter @ericdier

 

SKOR.id - Eric Dier dari Tottenham Hotspur adalah salah satu dari banyak pesepakbola yang mampu berbicara banyak bahasa.

Beberapa penggemar agak terkejut mengetahui bahwa Dier dapat beralih ke bahasa Portugis ketika film dokumenter 'All or Nothing' menunjukkan dia berkomunikasi dengan Jose Mourinho tanpa bahasa Inggris.

Namun, banyak pendukung akan menyadari bahwa kecakapan gelandang Spurs itu dalam bahasa Portugis dapat ditelusuri kembali ke masa tinggalnya di negara di mana ambisi sepakbolanya pertama kali dipupuk, di Sporting CP.

Antara emigrasi keluarganya ketika dia berusia tujuh tahun hingga transfernya ke Tottenham pada tahun 2014, Dier menghabiskan seluruh pendidikan olahraganya di wilayah Iberia, selain dari masa pinjaman singkat di Everton.

Dan saat tampil di High Performance Podcast minggu ini, pemain berusia 27 tahun itu memberikan wawasan menarik tentang kehidupan sebagai orang bilingual ketika dia bertukar antara Portugal dan Inggris.

Berbicara tentang kepindahannya yang menakutkan ke Everton dari Portugal, Dier merenungkan: "Saya sangat Portugis pada saat itu dalam segala hal. Ibu saya lebih khawatir tentang saya melupakan bahasa Inggris saya."

"Karena seluruh hidup saya di sekolah Portugis. Satu-satunya waktu saya berbicara bahasa Inggris adalah dengan orangtua atau saudara laki-laki dan perempuan saya."

"Jadi semua teman saya orang Portugis, jadi dalam hal itu, itu benar-benar kejutan besar dalam segala hal. Cara mereka berlatih, bangunannya, kotanya, cuacanya..."

Pesepakbola Multibahasa
Meskipun beberapa orang bisa beralih bahasa lain dengan lebih mudah daripada yang lain, tidak dapat disangkal bahwa kecerdasan dan daya ingat dibutuhkan untuk dapat bertukar bahasa nasional.

Dan, GIVEMESPORT menemukan atlet-atlet yang sangat cerdas beralih antara bahasa asli mereka dan dialek lain yang mereka pelajari.

Sementara Dier adalah salah satu contoh terbaik dari anglophone yang melompat-lompat bahasa, bintang Tottenham itu tidak sendirian dalam hal pesepakbola yang dapat melintasi berbagai bahasa.

Faktanya, dengan menggunakan informasi yang dikumpulkan oleh Babbel - salah satu aplikasi pembelajaran bahasa terbesar di dunia - dalam artikel baru-baru ini, kami dapat menyoroti banyak pemain yang layak mendapatkan status poliglot, sebutan bagi orang yang mahir menggunakan banyak bahasa.

Berikut ini sembilan pemain, baik masa dulu maupun sekarang yang, seperti Dier, tahu jalan mereka lebih dari satu bahasa:

Romelu Lukaku - 8/9 bahasa
Salah satu pria paling cerdas dalam sepak bola, Lukaku disebut-sebut bisa berbicara tidak kurang dari delapan bahasa berbeda ketika produser Stan Sport Nick Stoll memposting data bahasa UEFA untuk pemain Chelsea.

Pemegang rekor pemain termahal The Blues ini dikatakan berbicara Prancis, Jerman, Inggris, Spanyol, Portugis, Belanda, Flemish dan Italia. Bahkan, bisa jadi sembilan, jika memasukkan Lingala.

Henrikh Mkhitaryan - 8 bahasa
Kembali pada tahun 2016, The Sun melaporkan bahwa Mkhitaryan dapat berbicara dalam tujuh bahasa yang mengesankan: Armenia, Inggris, Prancis, Portugis, Rusia, Ukraina, dan Jerman.

Dan dengan Mkhitaryan terlihat berbicara bahasa Italia pada awal 2019 sejak pindah ke AS Roma, dapat dikatakan bahwa dia mengkonsolidasikan statusnya sebagai salah satu ahli bahasa sepak bola yang paling gesit.

Mikel Arteta - 7 bahasa
Pernah tertangkap kamera berbicara tiga bahasa dalam 10 detik di sela-sela untuk Arsenal, bos The Gunners lebih dari mahir dalam hal bersilat lidah dengan bahasa yang berbeda.

Bahkan, ketika ditanya oleh Sky Sports, Arteta menempatkan total bahasanya pada angka tujuh dengan bahasa Spanyol, Inggris, Catalan, dan Basque yang fasih semuanya dalam repertoarnya serta beberapa bahasa Prancis, Italia, dan Portugis.

Gelson Fernandes - 7 Bahasa
Menurut Swiss Life, Fernandes dapat berbicara tujuh bahasa setelah bermain di enam negara berbeda dengan keinginan yang konsisten untuk mencoba dan mempelajari bahasa setempat di mana pun dia bermain.

Dan, keenam bahasa itu adalah Portugis, Kreol, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan Inggris.

Zlatan Ibrahimovic - 6 bahasa
Masuk akal bahwa Zlatan akan berbicara banyak bahasa ketika dia bermain untuk Malmo, Ajax, Barcelona, ​​Manchester United, AC Milan dan banyak klub lain dalam kariernya yang termasyhur.

Dan Babbel menempatkan totalnya di enam dengan Swedia, Bosnia, Inggris, Italia, Prancis dan Spanyol semua dikaitkan dengan striker legendaris serta untaian bahasa isyarat tertentu. Hal-hal yang mengesankan.

Miralem Pjanic - 6 bahasa
Pjanic mengkonfirmasi dalam sebuah wawancara dengan Sport pada tahun 2020 bahwa ia dapat berbicara bahasa Prancis, Jerman, Bosnia, Luksemburg, Italia, dan Inggris serta mengungkapkan bahwa ia sedang belajar bahasa Spanyol.

Apakah Pjanic telah menambahkan bahasa ketujuh ke koleksinya masih harus dilihat mengingat betapa singkatnya mantranya di Barcelona terbukti, tetapi koleksinya tetap luar biasa.

Arsene Wenger - 6 bahasa
Anda hanya perlu mendengarkan Wenger berbicara selama beberapa menit untuk mengetahui bahwa dia adalah pria yang sangat cerdas. Bagaimanapun, dia adalah Kepala Pengembangan Sepak Bola Global FIFA.

Dan pelatih ikon Arsenal itu pernah menegaskan bahwa ia berbicara bahasa Prancis, Inggris, Jerman, Spanyol, Italia, serta sedikit bahasa Jepang dari masanya di Nagoya Grampus sebelum pindah ke Highbury.

Clarence Seedorf - 6 bahasa
Jenius sepak bola lainnya yang patut dikagumi baik karena kemampuannya dalam menguasai bola serta kemampuannya dalam melintasi bahasa dengan Babbel mencatatnya tidak kurang dari enam bahasa yang berbeda.

Satu-satunya pemain yang pernah memenangkan Liga Champions dengan tiga klub berbeda tersebut berbicara bahasa Belanda, Inggris, Italia, Portugis, Spanyol dan Suriname.

Petr Cech - 5 bahasa
Dalam sebuah wawancara dengan Universitas Cambridge pada tahun 2017, legenda Chelsea itu dinyatakan berbicara bahasa Ceko, Jerman, Inggris dan Prancis serta telah membuat kemajuan besar dalam belajar bahasa Spanyol.

Melihat dia melangkah lebih jauh dengan mengatakan bahwa dia bisa memahami dan berbicara dengan rekan setimnya di Spanyol, kami senang untuk mengkliknya dengan penghitungan lima yang terhormat yang hanya bisa kami impikan untuk bersaing.

Bukan rahasia lagi bahwa pesepakbola harus menjadi operator yang cerdas untuk mencapai tingkat tinggi di bidang keahlian mereka, tetapi Anda tahu bahwa Anda benar-benar menguasai dunia ketika dapat beralih bahasa juga.***

Berita Lain-lain Juga:

Skorpedia: Skakmat, Istilah Catur dari Kesalahan Tafsir Bahasa Persia

Abaikan Pesan Bahasa Asing di LinkedIn, Bek Juara Irlandia Kini Bermain untuk Tanjung Verde di AFCON

Kisah Kedekatan Pebulu Tangkis India dengan Fans Indonesia, Berawal dari Belajar Bahasa

  • Sumber: Give Me Sport
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Lain - lain

    Senin, 10 Januari 2022

    Jadwal Siaran Langsung Olahraga di TV Hari Ini

    Berikut ini adalah jadwal siaran langsung olahraga di TV untuk hari Senin (10/1/2022) hingga Selasa dini hari WIB.

    Lain - lain

    Minggu, 9 Januari 2022

    Proliga 2022: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

    Berikut jadwal, hasil dan, klasemen Proliga 2022 yang berlangsung di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor.

    Lain - lain

    Sabtu, 8 Januari 2022

    Emily Seebohm Beberkan Gaji Atlet Renang Nasional Australia

    Emily Seebohm mengatakan bahwa perenang nasional Australia digaji setara Rp429 jutaan setahun, di bawah standar Fairwork Ombudsman.

    Lain - lain

    Minggu, 9 Januari 2022

    Hadiah Turnamen Golf US Women's Open 2022 Naik Dua Kali Lipat

    Hadiah US Women's Open 2022 akan mencapai Rp143,5 miliar berkat kerja sama USGA dengan ProMedica.

    Terbaru

    Gosip

    Sabtu, 3 Desember 2022

    Menantu Perempuan Matt Le Tissier Dilecehkan Pesepakbola Liga Inggris

    Seorang pesepakbola Liga Premier meluncur ke DM menantu perempuan Matt Le Tissier.

    Selebriti

    Sabtu, 3 Desember 2022

    Putri Alan Shearer, Hollie Shearer Menjalani Impian dengan Pemain Rugby

    Putri Alan Shearer, Hollie Shearer Menjalani Impian sebagai Penyanyi dan Kekasih Pemain Rugby Joe Marchant

    Gosip

    Sabtu, 3 Desember 2022

    Dituduh Main Serong dengan Istri Teman Sendiri, Begini Reaksi Dusan Vlahovic

    Dusan Vlahovic dituding main serong dengan istri teman setimnas Serbia. Dia menyebut tuduhan selingkuh dengan Ana Cakic tidak masuk akal.

    Gosip

    Sabtu, 3 Desember 2022

    Gara-gara Titik Oranye, Foto Diletta Leotta Viral

    Diletta Leotta membagikan foto dalam gaun warna-warni yang menyertakan titik oranye di dekat bagian atas.

    Gosip

    Sabtu, 3 Desember 2022

    Lionel Messi Disentuh, Mike Tyson Tantang Petinju Meksiko Bertarung

    Mike Tyson marah dan memperingatkan Canelo Alvarez. Penggemar tinju dan sepak bola dengan cepat bereaksi.

    Bugar

    Jumat, 2 Desember 2022

    Awas, Ini Efek Buruk pada Kulit dan Mata akibat Terlalu Lama Terpaku pada Layar Ponsel

    Diperkirakan 60% populasi dunia menghabiskan lebih dari enam jam sehari di depan layar: terutama ponsel, tetapi juga layar komputer, televisi, dan perangkat digital lainnya. Pada akhirnya, inilah yang dikenal sebagai polusi digital.

    Bugar

    Jumat, 2 Desember 2022

    8 Cara Fun dan Kreatif untuk Membuat Anak Semangat Makan Sayuran, Menurut Dokter Anak

    Ada banyak alasan mengapa anak-anak Anda menolak sayuran, mulai dari masalah sensorik hingga preferensi pribadi hingga mencoba untuk menegaskan kemandiriannya.

    Bugar

    Jumat, 2 Desember 2022

    Pentingnya Menjaga Imunitas untuk si Kecil Sejak Dini

    Imunitas bagian penting dalam kehidupan kesehatan dan sangat penting bagi si kecil

    Entertainment

    Jumat, 2 Desember 2022

    Emma Raducanu Kenakan Gaun Haute Couture dari Dior Seharga Rp110 Juta saat Terima Gelar MBE

    Emma Raducanu mengenakan gaun Haute Couture dari Dior warna hitam, serta sepatu bow-detail ankle-strap dan topi boater hitam yang serasi saat menerima gelar MBE dari King Charles.
    X