Jadi Korban Pelecehan Seksual, Fina Phillipe Ajak Pengguna Media Sosial Lebih Bijak

23 Juli 2020, 21:16 WIB
Editor: Aprelia Wulansari
Fina Phillipe, presenter olahraga dan aktris yang menjadi korban pelecehan seksual.
Fina Phillipe, presenter olahraga dan aktris yang menjadi korban pelecehan seksual. /(Twitter/lafinaa)

SKOR.id - Presenter olahraga Fina Phillipe rutin berolahraga dan merupakan juara brazilian jiu-jitsu kelas 51 kg dalam turnamen Jakarta Brazilian Jiu-jitsu Open 2019.

Fina Phillipe pun kerap membagikan kegiatan berolahraganya dalam akun media sosial miliknya.

Ya, Fina Phillipe menunjukkan latihan yang dia lakukan dan beragam teknik dalam jiu-jitsu.

"Banyak sekali hal positif yang bisa saya bagikan dengan teman-teman dan para pengikut (follower) saya, ketika saya menjajal bela diri," kata Fina Phillipe kepada Skor.id, Rabu (22/7/2020).

Akan tetapi, tujuan positif Fina Phillipe itu ditanggapi berbeda oleh beberapa orang sehingga akhirnya Fina menjadi korban pelecehan seksual.

Perempuan berusia 30 tahun yang juga seorang aktris ini menerima beragam pesan tak senonoh dalam pesan langsung Instagram miliknya.

Bahkan, ada yang mengirimkan gambar alat kelaminnya.

Fina pun menyampaikan kejadian pelecehan seksual ini dalam akun Twitter miliknya @lafinaa, Selasa (21/7/2020).

"Sebenarnya, saya sudah dalam tahap kebal. Karena mungkin sejak saya memakai Instagram, sudah pernah ada yang mengirimkan foto kelamin atau hal yang aneh-aneh," kata Fina.

"Kenapa saya akhirnnya marah? Karena saya tak pernah unggah foto dengan belahan dada atau foto yang seperti itu," ujar Fina.  

Fina Phillipe, presenter olahraga dan aktris yang merupakan juara jiu-jitsu kelas 51 kg pada Jakarta Brazilian Jiu-jitsu Open 2019.
Fina Phillipe, presenter olahraga dan aktris yang merupakan juara jiu-jitsu kelas 51 kg pada Jakarta Brazilian Jiu-jitsu Open 2019. (Twitter/lafinaa)


Beragam komen yang bernada melecehkan secara seksual pun sering sekali diterima oleh perempuan yang sempat latihan muay thai dan tinju ini.

"Ketika saya akhirnya mengangkat soal pelecehan ini, ada yang berkomentar bahwa saya tak perlu melakukan ini dan ada yang juga yang menyarankan untuk saya melaporkan perilaku ini," kata perempuan berpembawaan ceria ini.

"Seharusnya kalian (para pengguna media sosial) yang bisa mengontrol diri dan mengontrol jempol kalian untuk menghindari mengirimkan hal-hal yang tidak pantas," ujar Fina.

Sebelum akhirnya mempublikasikan pelecehan seksual yang dialaminya, Fina sudah sering berkonsultasi dengan ibunya dan beberapa temannya.

Namun, akhirnya Fina memilih untuk mengangkat pelecehan seksual ini karena dia berharap tak ada lagi orang lain yang akan menerima perlakuan yang seperti dia alami.

"Saya tak menyalahkan dia sebagai laki-laki atau tidak, dia bercanda atau tidak, karena itu tetap melecehkan," kata Fina.

Perempuan yang tampil dalam film Silent Heroes ini juga menyatakan bahwa semua orang punya hak untuk mengunggah dan mengomentari apa pun, tapi Fina juga punya hak untuk membela diri.

Fina Phillipe, presenter olahraga yang merupakan pencinta dan pelaku brazilian jiu-jitsu.
Fina Phillipe, presenter olahraga yang merupakan pencinta dan pelaku brazilian jiu-jitsu. (Twitter/lafinaa)


Salah satu unggahan Fina yang dihinggapi komentar pelecehan adalah foto tanding jiu-jitsu miliknya.

Bukan soal gerakan atau teknik Fina yang dibahas, melainkan bahasan soal area dadanya yang terkena tendangan.

"Apa yang saya lakukan ini memang menuai pro dan kontra. Saya ingin mengedukasi para follower dan saya tak ingin hal ini dianggap sebagai sesuatu yang normal," ujar lulusan Universitas Indonesia itu.

"Laki-laki harus menghargai perempuan. Bukan saya yang harus membatasi komentar di media sosial, tapi kita masing-masing yang harus mengontrol diri. Kita hanya bisa mengontrol diri kita sendiri karena kita tak bisa mengontrol orang lain," kata Fina.

Perempuan yang merupakan penggemar Manchester United ini pun mengaku sadar dengan risiko di media sosial.

"Pengguna media sosial itu jangan berkomentar yang aneh-aneh, jangan menyakiti orang. Lebih bijaklah," kata Fina Phillipe.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Entertainment Lainnya:

Model Instagram asal Rusia Ini Mengklaim Pernah Punya Hubungan Romantis dengan Lewis Hamilton

Pamer Foto Bareng Conor McGregor, Pesenam Cantik Rusia Ini Bikin Heboh di Media Sosial

Tag

Video

Berita Terkait

MMA

Selasa, 7 Januari 2020

Bisnis Minuman, Salah Satu Sumber Kekayaan Conor McGregor

Conor McGregor merupakan salah satu atlet terkaya di dunia. Berdasarkan laporan dari berbagai sumber, total hartanya mencapai 110 juta dolar AS (sekitar Rp1,5 triliun).

Olahraga Lain

Jumat, 17 Juli 2020

NFL: Sibuk Cari Nama Baru, Washington Redskins Hadapi Tuduhan Pelecehan Seksual

Klub NFL Washington Redskins, yang masih sibuk mencari nama baru, kini diterpa isu pelecehan seksual 15 mantan karyawan perempuannya.

Terbaru

Entertainment

Jumat, 3 Februari 2023

Air Jordan 13 'Playoffs' Retro Akan Muncul pada NBA All-Star 2023

Air Jordan 13 "Playoffs" diyakini akan dilansir pada 18 Februari 2023 nanti, bertepatan dengan gelaran NBA All-Star 2023.

Bugar

Jumat, 3 Februari 2023

Di Seluruh Dunia, Wanita Memiliki Empati Lebih Baik daripada Pria, Kata Studi

Di mana pun mereka tinggal di dunia, apa pun pengaruh budaya atau keluarga mereka, secara umum, wanita lebih baik dalam berempati dengan orang lain dibandingkan kaum pria, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal PNAS.

Gosip

Jumat, 3 Februari 2023

Vanessa Hudgens dan Bintang MLB Cole Tucker Diam-diam Telah Resmi Bertunangan

Vanessa Hudges, bintang 'High School Musical' dikabarkan baru saja resmi bertunangan dengan kekasihnya shortstop Pittsburgh Pirates, Cole Tucker, demikian laporan yang berhasil dikumpulkan sumber-sumber TMZ Sports.

Entertainment

Jumat, 3 Februari 2023

Hector Bellerin Nyaman Berdiri di Persimpangan antara Sepak Bola dan Fashion

Meskipun dikenal karena kecepatan, kemampuan teknis, dan keserbagunaannya di lapangan, Hector Bellerin juga seorang trendsetter dalam dunia mode, yang oleh GQ disebut sebagai salah satu pesepakbola paling stylish.

Bugar

Jumat, 3 Februari 2023

Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda jika Anda Berhenti Sarapan di Pagi Hari

Ketika bangun pagi, kita mendapati diri kita berpuasa, karena perut kita kosong, kita merasa lemah dan sulit untuk bergerak. Itulah mengapa sarapan sangat membantu kita untuk memulihkan semua energi yang hilang.

Gosip

Jumat, 3 Februari 2023

Matteo Berrettini Berkencan Dengan Melissa Satta Istri Kevin Prince-Boateng

Matteo Berrettini berkencan dengan presenter TV yang menakjubkan. Ibu satu anak berusia 36 tahun menikah dengan mantan bintang Barcelona dan Tottenham Hotspur.

Bugar

Jumat, 3 Februari 2023

Aplikasi Smartphone Baru Dapat Membantu Mengidentifikasi Stroke Mematikan

Peneliti Amerika menemukan aplikasi FAST.AI seakurat dalam mendeteksi kondisi tersebut sebagai ahli saraf.

Entertainment

Jumat, 3 Februari 2023

Enzo Fernandez Boyong Valentina Cervantes Ke Chelsea

Enzo Fernandez tidak akan datang sendirian ke Chelsea setelah menyetujui transfer rekor Inggris £ 107 juta atau sekitar Rp1,9 triliun.

Entertainment

Jumat, 3 Februari 2023

Meister x Anderson Silva, Jam Keren Kolaborasi Legenda UFC yang 'Laki Abis'

Anderson Silva adalah legenda Seni Beladiri Campuran, dan itu yang membawa Meister menyodorkan proposal kolaborasi dengan sang megabintang.

Bugar

Jumat, 3 Februari 2023

Mengkhawatirkan, Wanita Usia 65 atau Lebih Sangat Rentan Kanker Serviks, Menurut Studi Baru

Hampir satu dari lima kanker serviks baru yang didiagnosis dari 2009 hingga 2018 terjadi pada wanita berusia 65 tahun ke atas, menurut sebuah studi UC Davis yang baru.

Terpopuler Satu Pekan

Keyword Populer

Sepak Pojok

X