Mantan Pelatih AS Roma Berbagi Detail Pelarian Dia dan Keluarga Keluar dari Ukraina

23 Maret 2022, 19:05 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Paulo Fonseca bersama istri Katerina dan anak mereka bergegas meninggalkan Ukraina pada hari ketika negara itu diserang Rusia pada 24 Februari lalu/
Paulo Fonseca bersama istri Katerina dan anak mereka bergegas meninggalkan Ukraina pada hari ketika negara itu diserang Rusia pada 24 Februari lalu/ /Instagram @paulofonseca_oficial

  • Paulo Fonseca mengisahkan pengalaman bersama keluarga saat melarikan diri dari Ukraina.
  • Ia melakukan perjalanan selama 30 jam dengan mengendarai mobil bersama istrinya yang orang Ukraina, balita mereka, dan orangtua sang istri.
  • Kini, mereka bekerja dengan Federasi Sepak Bola Portugal sebagai duta untuk menggalang dana kemanusiaan untuk Ukraina.

SKOR.id - Boom!...Mereka dibangunkan pada dini hari oleh suara bom yang mendarat di dekat apartemen mereka di Kyiv.

Seperti banyak orang lain, mereka sontak melarikan diri dari Ukraina, melakukan perjalanan berbahaya menuju tempat yang aman.

Paulo Fonseca, mantan manajer Shakhtar Donetsk dan AS Roma, dan istrinya yang berasal dari Ukraina, Katerina, pertama kali mencoba melarikan diri dari negara itu dengan mobil, bersama balita mereka dan orang tua Katerina.

Setelah menghadapi lalu lintas yang macet, mereka terpaksa menghabiskan satu malam lagi di ibu kota, di dalam bunker hotel, sebelum menjalani perjalanan mobil selama 30 jam melalui Moldova ke Rumania.

“Itu benar-benar sulit, tetapi saya pikir itu jauh lebih sulit bagi warga Ukraina yang terus ada di Ukraina di mana situasinya menjadi semakin buruk setiap hari,” kata Katerina kepada Amanda Davies dari CNN Sport, dilansir dari CNN pada hari Jumat lalu.

"Perang ini, saya yakin, salah satu yang paling kejam dalam cerita di seluruh dunia, karena tentara yang membunuh kami, mereka berbicara dalam bahasa yang sama dan sungguh tidak bisa dipercaya."

Katerina Fonseca, istri Paulo Fonseca, mengungkapkan perasaannya meninggalkan negaranya, Ukraina, dalam sebuah postingan di Instagram.
Katerina Fonseca, istri Paulo Fonseca, mengungkapkan perasaannya meninggalkan negaranya, Ukraina, dalam sebuah postingan di Instagram. Instagram @fonseca.katerina

"Kami meninggalkan segalanya di Ukraina," Katerina mengakuinya, termasuk temannya dan kerabat yang tetap tinggal di negara itu, "Semua tempat yang sangat berarti bagi kami masih ada di sana, jadi hati saya masih ada di sana dan hati saya hancur untuk semuanya."

Lebih dari 3 juta orang Ukraina telah melarikan diri dalam eksodus pengungsi setelah invasi Rusia ke negara itu, menurut PBB.

Untuk memasukkannya ke dalam konteks, butuh enam bulan bagi satu juta pengungsi untuk meninggalkan Suriah pada 2013, hampir dua tahun setelah perang saudara di negara itu dimulai.

Banyak kota di Ukraina telah hancur, ungkap Katerina, seraya menambahkan bahwa penting untuk menghentikan perang ini dan mencegahnya menyebar ke negara-negara Eropa lainnya.

Keluarga Fonseca akhirnya tiba di negara asal Paulo, Portugal pada 28 Februari dan sekarang bekerja dengan Federasi Sepak Bola Portugal sebagai duta dari sebuah aksi inisiatif dengan klub-klub sepak bola nasional Portugal yang bertujuan untuk membantu pengungsi Ukraina menemukan rumah dan pekerjaan.

Setelah karier bermainnya, terutama dengan klub Lisabon, Estrela da Amadora, Fonseca, 49, pertama kali menjadi manajer di Portugal pada 2005.

Dia lalu meraih penghargaan sebagai pelatih terbaik di Liga Premier Ukraina pada 2016/17 sebagai pelatih Shakhtar Donetsk, memenangkan tujuh trofi dalam tiga musim.

"Saya sangat bangga menjadi bagian dari dunia ini, menjadi bagian dari sepak bola. Semua yang dilakukan orang-orang di sepak bola, sungguh luar biasa. Tapi saya pikir kami bisa berbuat lebih banyak," kata Fonseca kepada CNN Sport.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Paulo Fonseca (@paulofonseca_oficial)

"Saya ingin melihat kepribadian hebat sepak bola yang membela perdamaian di Eropa. Saya pikir itu bisa sangat penting," katanya.

Selama Liga Champions 2017/18, Shakhtar dari Fonseca menyebabkan kekalahan pertama bagi Manchester City asuhan Pep Guardiola dalam 29 pertandingan untuk maju ke babak sistem gugur.

Yang juga patut diingat, Fonseca menjadi berita utama setelah kemenangan terkenal itu kala dia muncul dalam konferensi pers pasca-pertandingan dengan berpakaian seperti pahlawan masa kecilnya, Zorro.

Kepindahannya ke Italia pun menyusul dan setelah hampir dua tahun bersama AS Roma, pria Portugis itu tahun lalu dikaitkan dengan pekerjaan teratas di klub Liga Premier Inggris, Tottenham Hotspur dan Newcastle United.

Sejak meninggalkan Roma pada Mei 2021, sang manajer telah terlibat dalam berbagai acara ceramah di Ukraina.

Dia lalu kembali ke Ukraina lebih awal dari liburan untuk membantu istri dan keluarganya melarikan diri.

Dalam sebuah postingan Instagram yang mengumumkan peran baru Fonsecas sebagai duta besar untuk inisiatif pengungsi Ukraina, mantan manajer Roma itu menambahkan bahwa Federasi Sepak Bola Portugal "menunjukkan bahwa sepak bola dapat dan harus digunakan sebagai alat untuk perubahan sosial."

Dia mengimbau semua klub untuk bergabung dalam solidaritas dengan inisiatif tersebut.

Katerina mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Federasi Sepak Bola Portugal, dengan mengatakan: "Mereka menerima dengan tangan terbuka para pemain muda kecil kami. Ini adalah dukungan yang sangat besar untuk anak-anak, yang kehilangan semua kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari mereka."***

Berita Paulo Fonseca Lainnya:

Paulo Fonseca Berhasil Melarikan Diri dari Ukraina di Tengah Gempuran Rusia

Sah! Paulo Fonseca dan Jose Mourinho Akan Bertukar Peran

Paulo Fonseca Tetap Optimistis walau Peluang AS Roma ke Final Liga Europa Nyaris Tertutup

  • Sumber: CNN
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Entertainment

    Senin, 21 Maret 2022

    Bromance Daniel Ricciardo dan Michael Italiano: Tak Hanya Rancang Sesi Kebugaran, Juga Urusi Laundry

    Ini kisah Michael Italiano, bagaimana pelatih performa bintang F1, Daniel Ricciardo, mempersiapkan fisik dan mentalnya untuk balapan.

    Entertainment

    Senin, 21 Maret 2022

    Roger Federer Foundation Sumbang Rp7,1 Miliar untuk Bangun Akses Sekolah untuk Anak-anak Ukraina

    Roger Federer menawarkan bantuan keuangan kepada Ukraina menyusul invasi militer Presiden Rusia, Vladimir Putin, ke negara mereka hampir sebulan lalu.

    Entertainment

    Senin, 21 Maret 2022

    Naomi Osaka dan Amanda Anisimova Hadiri Pesta Pribadi Kim Kardashian di Miami

    Dua bintang tenis Naomi Osaka dan Amanda Anisimova tampak di antara tamu undangan pesta pribadi Kim Kardashian akhir pekan lalu.

    Entertainment

    Selasa, 22 Maret 2022

    Sosok Ini Diduga Dampingi Mbak Rara, Sang Pawang Hujan Sirkuit Mandalika

    Berikut ini adalah gambaran sosok astral yang diduga menemani Mbak Rara, si pawang hujan Mandalika.

    Terbaru

    Entertainment

    Jumat, 9 Desember 2022

    Dani Carvajal Merayakan Hari Ulang Tahun Putranya Setelah Spanyol Tersingkir dari Piala Dunia

    Dani Carvajal dari Real Madrid merayakan ulang tahun putranya yang satu tahun. Bayi laki-laki bernama Martin Carvajal Canizares lahir pada 7 Desember 2021.

    Entertainment

    Jumat, 9 Desember 2022

    Reece James Kebanjiran Ribuan Salam

    Bek Chelsea Reece James Mendapat Ribuan Salam Saat Berusia 23 Tahun

    Entertainment

    Jumat, 9 Desember 2022

    Lupakan Piala Dunia 2022, Thibaut Courtois Berlibur dengan Pujaan Hati

    Kiper Thibaut Courtois pergi ke Maladewa dengan tunangannya yang menakjubkan Mishel Gerzig.

    Entertainment

    Jumat, 9 Desember 2022

    Perhiasan Senilai Rp30 Miliar Melekat di Tubuh Georgina Rodriguez

    Georgina Rodriguez mengenakan perhiasan senilai £1,6 juta atau sekitar Rp30 miliar.

    Entertainment

    Jumat, 9 Desember 2022

    Jack Grealish Pamer Rambut Baru Jelang Inggris vs Prancis

    Jack Grealish memamerkan potongan rambut baru jelang perempat final Piala Dunia Inggris melawan Prancis

    Selebriti

    Jumat, 9 Desember 2022

    Jennifer Lawrence Menolak Menjadi Kurus demi Peran dalam Hunger Games

    Aktris Jennifer Lawrence mengungkapkan bahwa dia diminta untuk menurunkan berat badannya untuk memerankan sosok Katniss Everdeen dalam film Hunger Games pada tahun 2012.

    Bugar

    Jumat, 9 Desember 2022

    Sikat Gigi Elektrik atau Manual: Kesalahan Paling Umum saat Menyikat Gigi

    Mandi setiap hari sangat penting dan semua orang mengetahuinya. Tetapi apakah semua orang tahu bahwa kebersihan mulut hampir sama pentingnya dengan kesehatan fisik?

    Bugar

    Jumat, 9 Desember 2022

    Bukan Cuma Manis, Gula Aren Ternyata Punya Banyak Manfaat buat Tubuh

    Gula aren tak cuma manis, tapi cuma memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

    Bugar

    Kamis, 8 Desember 2022

    Cara Tidur yang Dapat Menyebabkan Sakit Leher dan Punggung

    Nyeri leher dapat disebabkan oleh banyak hal: Stres, postur tubuh yang buruk, SMS, cedera akibat olahraga, mobil, atau kecelakaan lain, dan penyakit kronis seperti fibromyalgia. Tapi ada penyebab lain yang mungkin tidak Anda pertimbangkan — bagaimana Anda tidur.

    Entertainment

    Kamis, 8 Desember 2022

    Bos ONIC Esports Resmi Menikah dengan Chelsea Islan

    Selama pacaran kedua pasangan ini jarang mengumbar kemesraan mereka di depan kamera.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X