Seiko Spirit Giugiaro Design, Cocok untuk Bersepeda Motor

24 Januari 2023, 22:55 WIB
Editor: Tri Cahyo Nugroho
Seiko Spirit Giugiaro Design Limited Edition “Rider’s Chronograph” SCED057
Seiko Spirit Giugiaro Design Limited Edition “Rider’s Chronograph” SCED057 /

  • Seiko menggandeng desainer mobil ternama Italia, Italdesign Giugiaro, untuk membuat jam tangan.
  • Arloji tersebut didesain untuk mempermudah para pengendara sepeda motor. 
  • Jam tangan ini dibuat dalam jumlah terbatas dan layak dikoleksi karena keunikan dan kelangkaannya.

SKOR.id – Di dunia jam, nama pabrikan asal Jepang, Seiko, jelas sudah menjadi jaminan. Hal yang sama juga bisa dilihat dari Italdesign Giugiaro S.p.A, desainer mobil top asal Italia.

Kendati terkenal di dunia berkat hasil desain mobilnya, Italdesign yang berbasis di Moncalieri, sekira 10 km sebelah selatan Turin, Italia, itu juga menawarkan manajemen proyek, styling, pengemasan, teknik, pemodelan, pembuatan prototipe, dan layanan pengujian.

Karenanya, tidak heran bila Seiko mengajak Italdesign berkolaborasi membuat jam tangan spesial yang tak hanya efisien, unik, namun juga langka karena dibuat dalam jumlah sangat terbatas.

Menariknya, tidak banyak yang tahu bila Seiko dan Italdesign sudah bekerja sama sekira tiga dekade lebih. Salah satu hasil kolaborasi keduanya adalah arloji khusus pria Seiko Spirit Giugiaro Design Limited Edition “Rider’s Chronograph”.

Seiko Spirit Giugiaro Design Limited Edition “Rider’s Chronograph” SCED057, SCED061 (biru), dan SCED059 (kuning), yang masing-masing dibuat hanya 1.000 unit dan dilepas pada Januari 2017.
Seiko Spirit Giugiaro Design Limited Edition “Rider’s Chronograph” SCED057, SCED061 (biru), dan SCED059 (kuning), yang masing-masing dibuat hanya 1.000 unit dan dilepas pada Januari 2017. Courtesy of Seiko

Kali pertama dilansir menjelang akhir 2016, jam tangan yang hadir dalam lima varian warna berbeda dan semuanya dibalut baja tahan karat – empat hitam dan satu tanpa laapisan hitam – itu diproduksi daalam jumlah sangat terbatas.

Seiko Spirit Giugiaro Design Limited Edition dengan model SCED057 adalah satu-satunya yang tidak berwarna hitam. Arloji ini mengadopsi sistem penggerak Seiko quartz dengan kaliber 7T12.

Untuk cangkang (casing) berbahan baja antikarat (stainless steel) berbentuk bulat dengan diameter 43 mm dan ketebalan 11,5 mm. Dial model SCED057 ini berwarna abu-abu kombinasi, oranye pada jarum-jarum detik, menit, dan jam, serta indikator angka.

Tipe displai arloji ini adalah analog dengan kaca hardlex. Jam tangan ini juga memakai tali baja tahan karat dan mampu dibawa menyelam di air hingga kedalaman 100 meter.

Bagian belakang Seiko Spirit Giugiaro Design Limited Edition “Rider’s Chronograph”.
Bagian belakang Seiko Spirit Giugiaro Design Limited Edition “Rider’s Chronograph”. Courtesy of Seiko

Keempat model Seiko Spirit Giugiaro Design Limited Edition yang berwarna hitam juga memiliki spesifikasi yang sama dengan SCED057. Itu termasuk fitur-fitur seperti tanggal, kronograf, antimagnetik, dan yang pasti dibuat dalam jumlah sangat terbatas.

Perbedaan SCDE057 dengan keempat model Seiko Spirit Giugiaro Design berwarna hitam, hanyalah pada displai dan tombol-tombol dial, yakni hitam-oranye untuk model SCED053, hitam-merah untuk SCED055, hitam-kuning untuk SCED059, dan hitam-biru pada SCED061.

Tidak hanya tampilan yang menarik, Seiko dan Italdesign juga merancang Spirit Giugiaro Design Limited Edition ini sedemikian rupa agar nyaman digunakan para pengendara sepeda motor.

Seiko Spirit Giugiaro Design Limited Edition “Rider’s Chronograph” SCED055 (merah) dan SCED053 (oranye), dibuat hanya 1.500 unit dan mulai dijual sejak 11 November 2016
Seiko Spirit Giugiaro Design Limited Edition “Rider’s Chronograph” SCED055 (merah) dan SCED053 (oranye), dibuat hanya 1.500 unit dan mulai dijual sejak 11 November 2016 Courtesy of Seiko

Lihat saja posisi tombol dan pemutar jam yang digeser ke kanan searah jarum jam sebesar 15 derajat. Sementara indikator angka jam serta posisi fitur-fitur juga diputar 5 derajat ke kanan. Alhasil, jika dalam posisi normal, posisi jarum-jarum saat pukul 12, tidaklah vertikal.

Digesernya posisi pada tampilan angka dan tombol-tombol pada Seiko Spirit Giugiaro Design ini dimaksudkan agar pengendara motor bisa membaca dan melihat waktu dengan lebih jelas meskipun posisi tangan sedang berada di setang dan motor berjalan.  

Karena jumlahnya yang sangat terbatas, kini sangat sulit menemukan Seiko Spirit Giugiaro Design ini dalam kondisi baru. Meskipun, harganya kini relatif terjangkau.

Laman sakurawatches.com membanderol Seiko Spirit Giugiaro Design Limited Model SCED057 sebesar 28.050 yen Jepang (sekira Rp3,21 juta). Namun, saat berita ini dibuat, stok arloji tersebut sedang kosong.

Berita Terkait Lainnya: 

Gandeng Tuner Jerman Lagi, Panerai Lansir Submersible S Brabus Verde Militare Edition

Jacob & Co x Bugatti Bikin Arloji Edisi Terbatas Jean Bugatti, Harga Rp3,75 Miliar

 

Tag

Video

Berita Terkait

Entertainment

Rabu, 4 Januari 2023

IWC Pilot’s Watch Chronograph 41 Edisi Mercedes-AMG Petronas Formula One Team, Arloji Lambang Apresiasi

Beberapa waktu lalu, IWC Schaffhausen melansir jam tangan resmi pertama untuk Tim Mercedes Formula One, tepatnya menjelang akhir pekan Grand Prix Miami.

Entertainment

Minggu, 15 Januari 2023

Big Bang e FIFA World Cup Qatar 2022: Jam Tangan untuk Mereka yang Sadar Gaya, Hidup Aktif, dan Cinta Sepak Bola

HUBLOT mencintai sepak bola! Sebagai merek pembuat jam terbaik pertama dan terkemuka di dunia sepak bola, Hublot dengan bangga mengumumkan Big Bang e FIFA World Cup Qatar 2022, jam tangan terhubung dengan fungsi "timeline" baru yang akan membawa penggemar turnamen sepak bola terbesar di dunia langsung ke hati - bahkan…

Entertainment

Jumat, 20 Januari 2023

Richard Mille RM UP-01 Ferrari, Arloji Paling Tipis di Dunia

Richard Mille membuat arloji paling tipis di dunia yang dinamai RM UP-01 Ferrari.

Terbaru

Entertainment

Jumat, 3 Februari 2023

Air Jordan 13 'Playoffs' Retro Akan Muncul pada NBA All-Star 2023

Air Jordan 13 "Playoffs" diyakini akan dilansir pada 18 Februari 2023 nanti, bertepatan dengan gelaran NBA All-Star 2023.

Bugar

Jumat, 3 Februari 2023

Di Seluruh Dunia, Wanita Memiliki Empati Lebih Baik daripada Pria, Kata Studi

Di mana pun mereka tinggal di dunia, apa pun pengaruh budaya atau keluarga mereka, secara umum, wanita lebih baik dalam berempati dengan orang lain dibandingkan kaum pria, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal PNAS.

Gosip

Jumat, 3 Februari 2023

Vanessa Hudgens dan Bintang MLB Cole Tucker Diam-diam Telah Resmi Bertunangan

Vanessa Hudges, bintang 'High School Musical' dikabarkan baru saja resmi bertunangan dengan kekasihnya shortstop Pittsburgh Pirates, Cole Tucker, demikian laporan yang berhasil dikumpulkan sumber-sumber TMZ Sports.

Entertainment

Jumat, 3 Februari 2023

Hector Bellerin Nyaman Berdiri di Persimpangan antara Sepak Bola dan Fashion

Meskipun dikenal karena kecepatan, kemampuan teknis, dan keserbagunaannya di lapangan, Hector Bellerin juga seorang trendsetter dalam dunia mode, yang oleh GQ disebut sebagai salah satu pesepakbola paling stylish.

Bugar

Jumat, 3 Februari 2023

Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda jika Anda Berhenti Sarapan di Pagi Hari

Ketika bangun pagi, kita mendapati diri kita berpuasa, karena perut kita kosong, kita merasa lemah dan sulit untuk bergerak. Itulah mengapa sarapan sangat membantu kita untuk memulihkan semua energi yang hilang.

Gosip

Jumat, 3 Februari 2023

Matteo Berrettini Berkencan Dengan Melissa Satta Istri Kevin Prince-Boateng

Matteo Berrettini berkencan dengan presenter TV yang menakjubkan. Ibu satu anak berusia 36 tahun menikah dengan mantan bintang Barcelona dan Tottenham Hotspur.

Bugar

Jumat, 3 Februari 2023

Aplikasi Smartphone Baru Dapat Membantu Mengidentifikasi Stroke Mematikan

Peneliti Amerika menemukan aplikasi FAST.AI seakurat dalam mendeteksi kondisi tersebut sebagai ahli saraf.

Entertainment

Jumat, 3 Februari 2023

Enzo Fernandez Boyong Valentina Cervantes Ke Chelsea

Enzo Fernandez tidak akan datang sendirian ke Chelsea setelah menyetujui transfer rekor Inggris £ 107 juta atau sekitar Rp1,9 triliun.

Entertainment

Jumat, 3 Februari 2023

Meister x Anderson Silva, Jam Keren Kolaborasi Legenda UFC yang 'Laki Abis'

Anderson Silva adalah legenda Seni Beladiri Campuran, dan itu yang membawa Meister menyodorkan proposal kolaborasi dengan sang megabintang.

Bugar

Jumat, 3 Februari 2023

Mengkhawatirkan, Wanita Usia 65 atau Lebih Sangat Rentan Kanker Serviks, Menurut Studi Baru

Hampir satu dari lima kanker serviks baru yang didiagnosis dari 2009 hingga 2018 terjadi pada wanita berusia 65 tahun ke atas, menurut sebuah studi UC Davis yang baru.

Terpopuler Satu Pekan

Keyword Populer

Sepak Pojok

X