Skortips: Bagaimana Memilih Sepatu Bola yang Benar

15 Juli 2022, 11:45 WIB
Penulis: Igor Hakim
Editor: Igor Hakim
Cover artikel Skortips.
Cover artikel Skortips. /(Grafis: Yusuf/Skor.id)

  • Tips menemukan sepatu bola yang benar.
  • Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum membeli sepatu bola.
  • Disarankan agar tidak membeli sepatu bola hanya berdasarkan model atau warnanya.

SKOR.id - Menemukan sepasang sepatu bola yang tepat mungkin sulit. Ketika tidak tahu persis apa yang dicari, banyaknya jenis permukaan, nomor model, dan bahan atas dengan cepat dapat menyebabkan kebingungan yang serius.

Sebenarnya membeli sepasang sepatu sepa bola baru tidak perlu bingung. Alih-alih membuat benar-benar bingung dan kewalahan, itu seharusnya menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mengasyikkan yang segera membuat Anda memimpikan penampilan yang lebih baik di lapangan.

Sepatu sepak bola saat ini dikemas dengan inovasi baru yang menarik dan warna yang berkilauan, tetapi membuat pilihan yang salah dapat dengan cepat menyebabkan bencana.

Untuk membantu Anda memilih sepatu sepak bola yang sempurna, artikel ini akan memandu Anda mengetahui semua faktor utama yang perlu dipertimbangkan dalam membeli.

1. Atur Jumlah Anggaran

Sebelum mulai terbawa suasana, Anda perlu memutuskan berapa banyak uang yang sebenarnya harus dikeluarkan untuk membeli sepasang sepatu bola baru.

Jangan membeli hanya karena modelnya bagus, namun harganya kurang masuk akal.

Ini tidak hanya akan menyebabkan banyak waktu terbuang, tetapi melihat sepatu yang tidak mampu Anda beli pada akhirnya akan membuat Anda kecewa dengan apa pun yang Anda dapatkan.

Kedengarannya seperti nasihat yang sangat jelas, tetapi selalu pastikan Anda telah menetapkan anggaran sebelum mulai berbelanja.

2. Sepatu untuk Lapangan Seperti Apa

Sepatu bola memiliki jenis yang berbeda-beda, tergantung kebutuhan ingin digunakan di lapangan dengan jenis permukaan seperti apa.  

Dengan memakai jenis sepatu yang salah, pastinya berisiko terkena cedera serius. Belum lagi, Anda akan menjadi bahan tertawaan rekan satu tim Anda.

Anda perlu menemukan sepasang sepatu bola yang sangat cocok dengan permukaan dan kondisi tempat Anda bermain. Ada berbagai jenis permukaan sepatu yang bisa dipilih, dan ini adalah yang biasanya yang dipertimbangkan:

  • Firm-ground football boots (FG): ideal untuk permukaan rumput alami yang kering atau sedikit lembab.
  • Soft-ground football boots (SG): cocok untuk permukaan rumput alami yang basah dan berlumpur.
  • Artificial ground football boots (AG): sempurna untuk lapangan buatan 3G dan 4G.
  • Astro football boots: dibuat untuk lapangan astroturf berbasis pasir dan air.
  • Indoor football boots: untuk saat Anda bermain di lapangan futsal. 

Anda akan dapat mengetahui berdasarkan jenis sol bawah yang digunakan. Misalnya, sepatu untuk tanah lunak akan terdiri dari pul logam, sepatu bot astroturf memiliki pul berongga, sedangkan sepatu futsal akan memiliki sol karet datar.

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk mendapatkan hasil maksimal dari sepatu Anda dengan memakainya di beberapa permukaan, penggunaan pul yang salah dapat menyebabkan beberapa kecelakaan yang sangat buruk.

3. Pilih Jenis Material

Banyak yang memakai sepatu bola kulit, hanya karena saya merasa sepatu itu lebih nyaman dan kokoh. Namun, banyak orang lain lebih memilih atasan sintetis dan rajutan yang lebih modern, termasuk sebagian besar pemain profesional saat ini.

Setiap orang memiliki preferensi mereka sendiri, dan Anda perlu menemukan preferensi Anda sebelum mengeluarkan uang untuk membeli sepatu baru.

Ada tiga jenis material yang bisa dipilih: kulit (contoh: Nike Tiempo, PUMA King), sintetis, dan rajutan (Nike Mercurial).

4. Pastikan Kenyamanan

Kenyamanan sepatu bola adalah segalanya. Lupakan semua tentang warna menarik, tapak setrika yang ditingkatkan, atau bagian atas bertekstur mikro. Jika itu tidak nyaman, maka sepatu bola itu tidak layak dibeli.

Ini biasanya akan tergantung pada seberapa baik sepatu itu benar-benar pas, dengan bentuk kaki Anda memiliki pengaruh besar pada apa yang Anda putuskan untuk dikenakan.

Misalnya, sepatu untuk kaki lebar mungkin lebih senang dengan bahan kulit seperti Puma King atau Mizuno Morelia Neo II, sementara pemain berkaki sempit mungkin memilih Adidas Nemeziz.

Sepatu bola yang paling nyaman akan selalu menawarkan penguncian kaki yang stabil dan aman, tetapi sepatu itu juga tidak boleh terasa terlalu ketat dan membatasi.

Tidak salah jika menaikkan satu atau dua ukuran dari yang biasa Anda kenakan, karena Anda akan membutuhkan sedikit ruang gerak di sekitar kotak kaki dan apa pun yang terlalu ketat akan menyulitkan Anda mengontrol atau menembak bola.

Tips memilih sepatu.
Tips memilih sepatu. (pixabay.com)

5. Pilih Sesuai Posisi atau Gaya Bermain

Saat ini, Anda bisa mendapatkan sepasang sepatu bola yang dirancang khusus untuk posisi favorit Anda, dengan fitur inovatif yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan khusus Anda.

Adidas X dan Nike Mercurial yang ringan, misalnya, adalah sepatu ideal untuk pemain sayap dengan kecepatan tinggi, sementara bek tengah yang kuat mungkin akan merasa lebih nyaman dengan sepasang Nike Tiempo.

Adapun sepatu untuk striker, gelandang, bek dan bahkan penjaga gawang, dengan masing-masing dirancang khusus untuk meningkatkan keterampilan menembak, passing, atau lainnya.

Anda harus benar-benar memikirkan alas kaki mana yang akan membantu Anda memaksimalkan permainan Anda.

Bahkan meskipun jika Anda hanya memainkan permainan kasual lima lawan satu setiap minggu, masuk akal untuk memilih sepatu yang benar-benar melengkapi permainan Anda.

6. Pilih Warna

Anda tidak boleh memilih sepasang sepatu bola hanya karena terlihat bagus. Faktor-faktor lain yang sudah dijelaskan di atas jauh lebih penting.

Namun, begitu Anda menemukan model sepatu yang memenuhi kriteria penting tersebut, sama sekali tidak ada salah jika menginginkannya terlihat sangat bagus pada saat yang bersamaan.

Selain itu, sepatu bola bisa sangat mahal, jadi Anda pasti ingin menghabiskan uang untuk sesuatu yang membuat teman Anda iri.

Sekarang ada banyak sekali pilihan warna yang mengagumkan yang bisa dipilih. 

Selama sepatu tersebut membuat Anda merasa nyaman, percaya diri, dan bahagia di lapangan, Anda dapat memilih gaya apa pun yang Anda inginkan.

7. Pantau dan Cari Keluaran Terbaru

Seri sepatu sepak bola terbaru akan terus keluar tanpa henti. Merek-merek besar mengeluarkan warna baru atau merilis kembali model lama. Setiap seri baru menggoda kita untuk mengucurkan uang dan berbelanja secara royal.

Tetap up to date dengan semua rilis ini cukup sulit, tetapi Anda juga perlu melihat sepatu mana yang benar-benar layak untuk investasikan.

8. Bandingkan dengan Harga Termurah

Tidak peduli sepatu sepak bola mana yang akhirnya Anda putuskan untuk dibeli, Anda selalu ingin memastikan bahwa Anda mendapatkan kesepakatan terbaik.

Banyak laman atau situs yang memberikan perbandingan tentang harga-harga sepatu yang membuat Anda bisa menghemat uang.

Dengan menemukan sepatu sepak bola yang sempurna dengan harga terbaik, wajar untuk mengatakan bahwa Anda baru saja membuat awal yang terbaik untuk musim baru.

9. Rawat Sepatu

Setelah sepatu bola baru Anda yang mengkilap tiba, pekerjaan tidak berhenti di situ. Jika Anda ingin sepatu terlihat awet dan sempurna untuk waktu yang cukup lama, maka Anda harus berusaha keras untuk merawatnya.

Merawatnya dengan baik pasti akan menghemat banyak uang di masa depan. Dengan membersihkan dan merawat sepatu dengan benar, Anda pasti akan menjaga kondisinya dan meningkatkan umurnya lebih lama.

Daripada harus membeli sepasang sepatu baru tiap enam bulan sekali, Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk mencuci, mengeringkan, dan mendisinfeksi sepatu bola Anda agar tidak cepat rusak.

Setelah menghabiskan begitu lama mencari sepatu bola baru, Anda pasti ingin melakukan segalanya untuk membuatnya awet lebih lama.

Baca Juga Artikel Skortips Lainnya:

  • Sumber: Footy
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Kamis, 8 Oktober 2020

    Skortips: 6 Rekomendasi Alat Olahraga di Rumah

    Alat bantu olahraga di rumah tidak perlu yang mahal, berikut enam rekomendasi Skor.id.

    Bugar

    Selasa, 13 Oktober 2020

    Skortips: PSBB Transisi, Ini Syarat Berolahraga di Ring Road GBK

    Ring road GBK masih menjadi area favorit saat berolahraga di Jakarta.

    Entertainment

    Kamis, 15 Oktober 2020

    Skortips: 7 Rekomendasi Smartwatch Terbaik untuk Olahraga

    Harga jam tangan pintar sangat beragam, dari murah hingga jutaan rupiah.

    Bugar

    Senin, 19 Oktober 2020

    Skortips: 5 Resep Sehat ala Miss Universe 2018 Catriona Gray

    Catriona Gray merupakan Miss Universe 2018.

    Terbaru

    Selebriti

    Rabu, 17 Agustus 2022

    Aksi Kocak Pelawak saat Main Bulu Tangkis pada HUT RI ke-77, Denny Cagur dan Jarwo Kwat Gagal Menang

    Para pelawak Indonesia yang tergabung dalam PaSKI ikut merayakan HUT RI ke-77 dengan bermain bulu tangkis.

    Entertainment

    Rabu, 17 Agustus 2022

    Wonderkid Manchester United Alejandro Garnacho Pamer Tato Baru

    Anak muda Manchester United Alejandro Garnacho memamerkan tato lengan Prison Break yang luar biasa

    Bugar

    Rabu, 17 Agustus 2022

    Tips Cemerlang Ini Akan Menggandakan Manfaat Jahe sebagai Obat Anti-Peradangan

    Anda tidak hanya mengurangi limbah makanan, tetapi Anda akan mendapatkan manfaat kesehatan dua kali lipat dari apa yang Anda dapatkan dengan cara konvensional.

    Bugar

    Rabu, 17 Agustus 2022

    Daddy Blues: Kita Perlu Berbicara tentang Depresi Pascakelahiran pada Pria

    Pria yang gagal menjalin ikatan dengan bayinya atau merasa tidak berharga selama atau setelah kehamilan pasangannya dapat menderita depresi peri atau postnatal (PND).

    Entertainment

    Rabu, 17 Agustus 2022

    Bintang TikTok 'King of Diet' Ungkap Mengapa Dia Makan 100 Butir Telur Setiap Hari

    Fernando Torraca, yang dikenal sebagai Raja Diet di TikTok, mengaku telah berlatih selama 19 tahun dan bersumpah dengan makan 100 butir telur per hari.

    Gosip

    Rabu, 17 Agustus 2022

    Tak Tahan Tinggal Berjauhan, Vitali Klitschko dan Natalia Resmi Bercerai

    Biduk rumah tangga legenda tinju kelas berat Vitali Klitscko dan Natalia berakhir. Setelah 26 tahun berumah tangga, kini keduanya resmi bercerai.

    Entertainment

    Rabu, 17 Agustus 2022

    Pensiun dari Tinju, Tyson Fury Terekam Bersihkan Teras Rumah

    Raja kelas berat Tyson Fury bisa segera hanyut oleh kehidupan di rumah - meskipun pensiun segar dan dini.

    Bugar

    Rabu, 17 Agustus 2022

    9 Tanda yang Harus Diperhatikan pada Kuku Anda, Termasuk Pertanda Masalah Paru-paru dan Jantung

    Seorang dermatologis mengungkapkan tanda-tanda di kuku Anda yang berarti Anda mungkin menderita kondisi yang mengerikan.

    Bugar

    Selasa, 16 Agustus 2022

    Mengenal 5 Umbi-umbian yang Ternyata Memiliki Kandungan Protein Baik bagi Tubuh

    Berikut ini Skor.id merangkum setidaknya ada lima jenis umbi yang memiliki kandungan protein yang baik bagi tubuh.

    Gosip

    Selasa, 16 Agustus 2022

    Ini Sosok Personal Trainer yang Menyebabkan Francesco Totti dan Ilary Blasi Cerai

    Franceso Totti dan Ilary Blasi mengakhiri cinta mereka setelah lebih dari 20 tahun dan di Italia mereka memastikan bahwa ada ketidaksetiaan di kedua belah pihak.
    X